Solusi Gagal Masuk TWRP Samsung J2 Prime

Diposting pada

Apakah Anda pernah gagal masuk TWRP Samsung J2 Prime Marshmallow? Jika Anda pernah mengalaminya, maka sudah tepat berada disini. Sebab saya akan berbagi cerita terkait kegagalan ini.

Gagal Masuk TWRP

Sebenarnya apa sih TWRP itu?

TWRP adalah sebuah stock recovery yang dikembangkan sehingga menjadi custom recovery. TWRP ini memiliki antarmuka dengan sistem yang berbasis sentuhan, berbeda dengan CWM dan stock recovery yang menggunakan papan tombol.

Untuk lebih lengkapnya saya sudah membuat artikelnya secara terpisah, silahkan baca pada postingan mengenal TWRP dan CWM.

Untuk melakukan pemasangan TWRP, ada syarat yang harus terpenuhi. Jika belum memenuhinya, maka kemungkinan besar akan gagal. Namun untuk Android yang dikeluarkan oleh Samsung, berbeda dengan yang lainnya. Merk ini memiliki cara dan tools yang tersendiri.

Untuk Android Samsung, harus menggunakan odin, dan file recovery dengan format tar. Seperti pada Samsung J2 Prime Marshmallow ini. Tapi berdasarkan pengalaman, ada kejadian unik dalam proses pasang TWRP Samsung J2 Prime ini. Banyak yang gagal masuk TWRP padahal flash TWRP nya sukses.

Aneh kan…

Artikel Terkait: Cara Pasang TWRP Tanpa PC

Gagal Masuk TWRP

Solusi dan Penyebab Gagal Masuk TWRP

Perasaan aneh ini, saya rasakan ketika pertama kali mengalaminya. Soalnya ketika flash TWRP, sudah sukses dan filenya pun sudah benar. Tapi kenapa ketika di coba malah masuk ke stock recovery.

Berdasarkan rasa penasaran, akhirnya saya menggali lebih dalam lagi. Hingga akhirnya saya menemukan penyebab dan solusi untuk mengatasinya.

Lalu apa penyebab dan bagaimana solusinya?

Penyebab yang pertama, terjadi karena versi fimware yang dipakai tidak cocok.

Kok bisa? Bisa saja, buktinya saya pernah mengalaminya sendiri.

Mungkin itu cuma kebetulan saja? Jika hanya kebetulan, maka cukup sekali saja, jarang terjadi berulang-ulang.

Tapi saya mengalaminya lebih dari sekali, bahkan berulang kali. Jadi saya membuat kesimpulan bahwa versi firmwarenya tidak cocok dengan TWRP.

Bagaimana solusinya?

Solusinya cukup mudah. Karena penyebanya adalah versi firmwarenya, maka Anda harus mengganti firmwarenya saja, masuk akal kan.

Saya sudah membuktikannya sendiri, setelah menganti versi firmwarenya, saya tidak pernah gagal masuk TWRP.

Bahkan sampai sekarang, ketika ada yang minta di pasangin TWRP pada Samsung J2 Prime, maka langkah pertama yang saya lakukan mengganti versi firmwarenya dulu, baru install TWRPnya.

Untuk firmwarenya, Anda bisa download disini, gratis dan tanpa password.

Penyebab yang kedua adalah salah dalam pengaturan odin. Ini juga berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami.

Kanapa saya sudah ganti firmware, tapi masih gagal masuk TWRP? Inilah penyebab yang kedua, salah pada pengaturan odin.

Secara default, pengaturan odin itu masih aktif menu auto rebootnya. Sehingga setelah selesai melakukan flashing, maka hp Anda akan restart secara otomatis.

Disinilah penyebab kegagalan yang kedua terjadi. Ketika setelah flashing TWRP Samsung J2 Prime hp Anda restart, maka dapat dipastikan gagal, walaupun status flashnya sukses.

Solusiya, Anda hanya perlu menghilangkan ceklist auto reboot pada bar pengaturan odin. Setelah itu jalankan seperti biasa. Cukup mudah kan, namun tidak semua orang mengetahuinya.

Itulah berbagi pengalaman saya tentang gagal masuk TWRP Samsung J2 Prime Marshmallow ini. Mungkin bisa sebagai penambah pengetahuan Anda, dan bisa menjadi bermanfa’at.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *