Smali Patcher Tanpa Magisk, Inject Non Root

Diposting pada

Jika pada postingan saya terdahulu mengulas cara membuat smali patcher tanpa deodex, sekarang saya akan sharing cara membuat smali patcher tanpa Magisk atau yang sering disebut inject non root.

Dalam mengikuti perkembangan Android serasa tidak akan ada habisnya, bahkan sekarang ini pecinta oprek Android semakin merebak. Ketika kita sudah masuk pada pembahasan oprek Android, maka sudah pasti menyentuh root. Untuk Anda yang berencana untuk melakukan rooting, sebaiknya cari tahu dahulu aplikasi root Android terbaik saat ini.

Tapi artikel ini bukan tutorial untuk melakukan root Android, tetapi akan membahas tentang module smali patcher.

Seperti yang sudah saya utarakan pada postingan terdahulu, bahwa Magisk menjadi aplikasi terbaik untuk saat ini. Salah satu keunggulan Magisk adalah memiliki fitur module, seperti smali patcher ini.

Disisi lain, banyak pula yang ingin melakukan pemasangan smali patcher tanpa Magisk, atau yang lebih dikenal dengan non root atau inject smali patcher.

Jika Anda salah satu dari mereka, maka sudah tepat berada disini.

Apa Itu Smali Patcher

Smali Patcher adalah sebuah module Magisk yang dikembangkan oleh developer XDA. Fungsi dari smali patcher ini terbilang cukup menggiurkan, dan salah satunya untuk menyembunyikan lokasi palsu. Fungsi ini sering digunakan untuk bermain Pokemon Go.

Untuk lebih lengkapnya tentang fungsi dan kegunaan smali patcher, Anda bisa melihatnya di sini.

smali patcher tanpa magisk

Pasang Smali Patcher Tanpa Magisk atau Inject

Pada umumnya, pemasangan semua modul Magisk itu dilakukan langsung dari Magisk manager. Atau bisa juga dipasang melalui custom recovery. 

Karena smali patcher ini sebuah module, maka wajib untuk root menggunakan Magisk. Karena modul ini berjalan di bawah kendali magisk manager. Jika Magisk nya dicopot, secara otomatis modulenya juga akan ikut terhapus.

Namun seperti yang sudah saya singgung di atas, bahwa banyak juga yang ingin install smali patcher non root. Alasannya mungkin berbeda-beda.

Tenang kawan….

Ada cara alternatif untuk pasang smali patcher tanpa harus root, fungsinya juga bisa berjalan dengan sempurna.

Langkah-langkah Install Smali Patcher Non Root

Berikut ini langkah-langkah untuk inject smali patcher, harap diperhatikan dengan seksama, untuk mencehah hal-hal yang tidak diinginkan.

1 Siapkan Modul Smali Patchernya

Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu modul smali patchernya, jika sudah punya bisa di skip poin ini. Jika belum tau cara pembuatannya, bisa ikuti tutorial cara membuat smali patcher tanpa deodex.

2 Ekstrak Module

Lalu ekstrak modul smali patcher, copy file services jar yang berada di system, framework, disini. Sebaiknya buat folder baru, simpan file service jar dari modul smali patcher pada folder tersebut.

3 Membuat File Inject

Selanjutnya menyiapkan template file zip installernya, sebagai sarana inject smali patcher. Saya sudah menyiapkan templatenya, dan Anda bisa download di sini.

Setelah filenya di download, lalu ekstrak dan pindahkan hasil ekstrak nya. Simpan di folder yang sama dengan file services jar module smali patcher tadi. Di dalam folder injectnya terdapat dua folder, yaitu folder META-INF dan system.

Catatan: jangan ada yang dirubah isi dari folder injectnya.

Pindahkan file services jar ke dalam folder system, framework, disini. Setelah folder framework diisi dengan file services jar, kembali lagi ke folder injectnya. Lalu blok folder META-INF dan system, add to archive dan pilih dengan ekstensi zip. Maka akan menjadikan file baru dengan nama inject smali zip, file inject smali patcher sudah siap untuk di eksekusi.

4 Cara Inject Smali Patcher Tanpa Magisk

Setelah melewati tiga proses diatas, maka kita sudah berhasil membuat file inject nya. Sekarang waktunya untuk pemasangan.

Masuk ke mode custom recovery (TWRP), lalu pilih menu install, pilih file inject yang sudah kita buat tadi. Setelah selesai pilih reboot system. 

Setelah Android masuk kembali ke homescreen, selamat Anda sudah berhasil pasang smali patcher tanpa Magisk.

Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda, dan bisa menjadi berkah untuk saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *