Kelebihan Android Pie Berikut Kekurangannya

Diposting pada

Saat ini masih banyak yang belum mengetahui apa saja kelebihan Android Pie serta kekurangannya. Meskipun sekarang Google sudah merilis Android 10 (Q), namun Android pie ini masih menjadi pembahasan yang menarik.

Sebab tidak semua pengguna Android mengerti dan memahami, mereka hanya menggunakanya saja tanpa mencari tau apa kelebihan dan kekurangannya.

Sebenarnya jika ingin mengikuti perkembangan OS Android, maka pembahasan ini terbilang sudah tertinggal satu langkah, seharusnya sekarang ini membahas Android 10 (Q). Namun karena pada Android Pie ini memiliki banyak perubahan dari versi-versi sebelumnya, maka masih menarik untuk dibahas.

Kelebihan Android Pie

Saya disini sebagai admin rawatiga, ingin mengulas apa saja kelebihan dan kekurangan Android Pie. Jika Anda masih menggunakan OS Android Oreo (8), maka bisa disimak ulasannya sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda melakukan upgrade OS.

Baca juga : Cara Deodex Android Pie

Kelebihan Android Pie (9)

Untuk kelebihan yang dimiliki Android Pie ini, saya membaginya menjadi 4 kategori yang terbilang mencolok.

1. User Interface Lebih Menarik

Kelebihan Android Pie User Interface

Untuk yang pertama, saya magatakan bahwa User Interface Android Pie ini lebih menarik dan memiliki warna yang keren.

Apa itu User Interface?

User interface (UI) atau antarmuka, merupakan sebuah desain grafis yang menghubungkan atara pengguna dengan sistem operasi.

Tujuan serta fungsi user interface ini sebagai kontrol pengguna terhadap sistem, sehingga akan memberikan umpan balik kepada sistem operasi untuk menentukan pilihan yang akan dijalankan.

Untuk lebih jelasnya tentang user interface, silakan baca pembahasan mengenal user interface pada Android.

User interface yang disajikan oleh Android Pie ini, memiliki warna dan tampilan yang lebih menarik. Dengan demikian, tampilannya tidak membuat mata pengguna menjadi cepat lelah serta enak dipandang mata.

Warna dan kontras pada ikon di menu utamanya lebih rapi dan jelas. Dengan desain pinggir-pinggir ikon yang melengkung, membuat tampilannya menjadi lebih elegan.

Selain warna dan tampilan yang lebih enak dilihat, gerakan animasinya juga terlihat lebih halus. Maka akan memanjakan mata pengguna untuk berlama-lama dalam melihat layar Android.

2. Baterai Lebih Irit

Pada sistem Android Pie, sudah menggunakan fitur adaptive battery. Dengan fitur ini, maka daya tahan baterai akan lebih lama, cocok sekali jika Anda gemar bermain game Android.

Apa itu Adaptive Battery ?

Adaptive battery merupakan sistem kerja yang baru dikeluarkan pertama kali pada Android Pie. Fungsinya sebagai pengontrol aplikasi yang berjalan di belakang layar, dengan demikian fitur ini banyak yang klaim mampu menghemat penggunaan baterai.

Cara kerja fitur adaptive battery ini, akan me-nonaktifkan aplikasi yang yang berjalan di belakang layar dengan waktu tertentu. Namun tidak sembarangan menonaktifkannya, fitur ini akan menonaktifkan aplikasi yang terdeteksi tidak akan dibuka dalam waktu dekat.

Cara mengaktifkan fitur ini terbilang sangat mudah, hanya tinggal masuk ke pengaturan, baterai, pilih adaptive battery, dan aktifkan.

3. Sudah Mendukung Navigasi Gestur

Perkembangan Android smakin hari semakin keren, baik dari segi sistem maupun tampilannya.

Sekarang ini sudah zamannya Android yang menggunakan full layar, sehingga hanya sedikit cela dan ruang kosong. Oleh karenanya, tombol navigasi yang biasa ada dibawah akan kehilangan tempat.

Salah satu kelebihan dari Android Pie ini, sudah mendukung navigasi gesture. Sebagai penyelaras Android yang menggunakan full layar.

Apa itu Navigasi Gesture ?

Navigasi gesture adalah sebuah sortcut atau gerakan tertentu yang berfungsi sebagai pengganti fungsi menu.

Contohnya jika Anda mengatur swipe keatas untuk menggantikan menu back, maka ketika Anda swipe keatas pada layar, maka akan mengaktifkan menu back.

Cara Mengaktifkan Navigasi Gesture

Untuk dapat menggunakan fitur navigasi gesture ini, Anda harus mengaktifkannya pada pengaturan ponsel terlebih dahulu.

Caranya dengan masuk ke menu pengaturan, pilih menu navigasi gesture, atau bisa di ketik pada menu pencarian yang ada di pengaturan, lalu sesuaikan pengaturannya sesuai selera Anda.

4. Dark Mode atau Mode Gelap

Pengaturan dark mode ini sempat menjadi trending, sebab mede gelap ini menjadi salah satu fitur terbaru yang dikeluarkan.

Bahkan para develover juga saling menegembangkan fitur dark mode ini pada aplikasi yang mereka ciptakan.

Contoh pencarian aplikasi yang kemarin trending adalah Whatsapp dark mode, Instagram darak mode, dan masih banyak lagi. Bahkan banyak juga yang menerbitkan aplikasi mod untuk dark mode.

Dark mode itu merupakan sebuah pengaturan tampilan yang didominasi dengan warna hitam, konon kabarnya dark mode ini mampu meminimalisir penggunaan baterai.

Diatas sudah saya saya singgung 4 kelebihan Android Pie. Baik itu kelebihan Android Pie Samsung, kelebihan Android Xiaomi, semuanya sama saja.

Kekurangan Android Pie

Namun selain memiliki kelebihan, Android Pie ini juga memiliki kekurangannya. Sangat manusiawi lah, jika ada kelebihan maka pasti ada kekurangannya.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun yang terlihat sangat mencolok ada dua saja.

1. Menu Pengaturan Lebih Rumit

Poin pertama dari kekurangan Android Pie ini terletak pada menu pengaturannya yang sedikt rumit.

Berdasarkan pengalaman saya setelah menggunaka Android Pie, saya merasakan menu pengatutan yang ribet. Mungkin karena belum terbiasa, jadi perlu beradaptasi.

Saran saya, setelah Anda menggunakan OS ini, sebaiknya melakukan adaptasi terhadap menu pengaturan-pengaturannya. Karena agak berbeda dengan pengaturan pada versi sebelumnya.

2. Navigasi Gesture Belum Stabil

Seperti yang sudah saya singgung pada kelebihannya, bahwa Android Pie sudah mendukung menu navigasi gesture.

Karena menu ini tergolong masih baru, dan pertama kali diterapkan, maka masih memiliki bug pada menu ini. Menurut saya ini adalah kewajaran, karena masih dalam tahap pengembangan.

Berbeda dengan Android 10 (Q) yang sudah ada perbaikan-perbaikan, dan menjadikannya lebih stabil.

Itulah kelebihan dan kekurangan Android Pie yang perlu Anda ketahui, mungkin bisa sebagai bahan acuan sebelum melakukan upgrade versi Android Anda dari Oreo ke Pie.

Semoga bisa memberikan Manfa’at dan menjadi berkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *