Android

Adaptive Battery Fitur Menghemat Baterai Android

Kemarin saya sudah membahas user interface dan sekarang saya akan membahas Adaptive Battery. Apakah benar dengan Adaptive Battery itu bisa menghemat penggunaan baterai pada Android ? Jika ada yang mengetahuinya atau sudah punya pengalaman terkait penggunaannya, maka bisa menambahkan pada kolom komentar ya.

Apa itu Adaptive Battery ?

Adaptive Battery merupakan sebuah fitur atau pengaturan baru dari Android yang pertama kali diluncurkan pada versi OS Android Pie(9). Fungsinya sebagai cara atau pengaturan untuk memperpanjang masa pakai baterai pada Android.

Ketika Google megumumkan versi Android Pie, mereka juga memberitahukan beberapa fitur serta pengaturan terbarunya dan salah satunya adalah Adaptive Battery ini.

Adaptive Battery

Berdasarkan keterangan dari Dave Burke sebagai Wakil Presiden Rekayasa Android, bahwa fitur ini mampu menghemat penggunaan baterai hingga 30%, sebab mempu mengurangi penggunaan CPU dengan prinsip menonaktifkan kinerja aplikasi yang tidak penting dengan mengusung teknologi AI DeepMind Alphabet.

Sistem kerja tekhnologi ini, akan menganalisa aplikasi atau pengaturan apa saja yang yang berjalan tapi jarang digunakan dalam waktu dekat, dan akan menonaktifkannya dengan membuat pengaturan hemat daya terhadap aplikasi tersebut secara otomatis.

Karena fitur ini masih baru dan baru ada pada versi Android Pie serta Android Q, maka sangatlah wajar jika masih ada yang belum sempurna dalam mengaplikasikannya. Namun kabar baiknya, fitur ini sudah sudah ada pengembangan dan bisa lebih stabil pada Android 10 (Q).

Cara Kerja Adaptive Battery

Meskipun tidak tampil secara eksplisit pada pengaturan daya, tetapi fitur ini sebagai antarmuka app Standby Buckets. Dengan demikian, fitur ini akan mendeteksi dan mengalokasikan kinerja system yang memang benar-benar membutuhkannya.

Ketika fitur ini mendeteksi aplikasi tetentu sesuai penggunaannya, maka secara otomatis akan ditempatkan pada bucket prioritas tanpa harus melakukannya secara manual.

Sedangkan bucket pada Android ini memliki bebrapa kriteria dalam sumber daya atau penggunaan daya sesuai dengan pengaturannya masing-masing. Dengan demikian, maka fitur ini mampu mengurangi transmisi data latar belakang serta menghemat penggunaan CPU pada Android.

Cara Menggunakan pengaturan Adaptive Battery

Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur ini, maka sudah dirancang untuk menyediakan pengaturannya dengan sangat mudah. Untuk mengaktifkannya dengan settingan default, maka cukup dengan masuk ke pengaturan, baterai dan pilih baterai adaptif.

Cukup mudah dan simpel kan….

Mungkin sampai disini saja sharing dari saya, dan bila ada kesalahan atau bertolak belakang dengan pemikiran Anda, maka silahkan dituangkan saja pada komentar, saya akan tanggapi dengan sepenuh hati serta jika memang perlu akan saya perbaharui tulisan saya ini.

Tags
Show More

admin

My writing language is indeed bad, hopefully you can understand the meaning of my write.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Turn Off Your ADblock