Bahan Alami

Obat Tradisional Sesak Nafas dan Asma

Obat Tradisional Sesak Nafas

Pada artikel sebelumnya, kami sudah menjelaskan cara mengatasi sesak nafas dengan madu, dan kali ini kami akan mengulas 5 bahan alami yang bisa dijadikan obat tradisional sesak nafas dan asma sebagai lanjutannya.

Dalam dunia medis, kesulitan bernapas ini disebut sebagai dispnea. Kondisi ini cukup umum ditemukan, dan untungnya ada banyak cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Ketika mengalami sesak napas, Anda mungkin merasa seolah persediaan udara di dalam paru-paru habis. Kejadian ini kerap sekali menyiksa para penderitanya.

Tapi tidak perlu khawatir…

Ternyata 5 bahan alami yang mudah ditemukan ini bisa menjadi obat tradisional sesak nafas dan asma.

Mau tau apa saja? Yuk lanjutkan membacanya.

Baca juga : Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk

5 Bahan Alami untuk Obat Tradisional Sesak Nafas

Meskipun banyak cara dan bahan umtuk mengatasisi sesak nafas, tetapi kami merangkumnya menjadi 5 bahan yang memang memiliki kandungan yang baik untuk permasalahan sesak nafas. Berikut rangkumannya:

1. Jahe

jahe

Kandungan yang ada pada jahe dipercaya mampu untuk mengurangi sesak nafas, terlebih sesak nafas yang dipicu oleh infeksi saluran pernafasan. Sehingga tak heran jika jahe banyak digunakan untuk bahan obat herbal sesak nafas.

Pada studi kasus dari Journal of Ethnopharmacology tahun 2012 menjelaskan bahwa jahe mampu memici aktivitas antivirus untuk melawan infeksi, terutama penyerangan pada saluran pernafasan.

Oleh karena itu, Jahe mampu menjadi obat tradisional sesak nafas, baik itu digunakan langsung maupun sudah berbentuk supplemen.

2. Habbatusauda

Obat Tradisional Sesak Nafas

Salah satu efek habbatussauda yang diyakini baik untuk kesehatan adalah kemampuannya dalam mengurangi peradangan.

Penelitian klinis skala kecil selama 3 bulan pada penderita asma menunjukkan bahwa habbatussauda dapat mengurangi keparahan dan frekuensi serangan asma.

HabbatusaudabBersifat antihistamin dan antialergi, habbatusauda efektif meningkatkan sistem imunitas tubuh dan meminimalisasi kambuhnya asma.

3.  Kayu Manis

Obat Tradisional asma

Kayu manis memiliki khasiat untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir yang mengganggu. Kayu manis juga efektif melebarkan saluran napas.

Dengan demikian, kayu manis mampu memperluas ruang dan rongga yang membuat nafas menjadi lebih lega dan plong.

4. Daun Saga

daun saga

Daun saga selama ini dikenal untuk menagani batuk, tapi ternyata daun saga juga mampu dijadikan bahan alami penderita sesak nafas.

Dalam pengobatan Ayurvedic, daun saga digunakan untuk membantu mengatasi asma.

Pengobatan Ayurvedic adalah salah satu pengobatan holistik tertua di dunia. Mereka menggunakan ekstrak akar dan daun saga untuk mengatasi asma.

5. Daun Cakar Ayam

daun cakar ayam

Cakar ayam mengandung Saponin, Alkaloid, Alkaloid glikosida, lignan, fitosterol, biflavonoid, dan fenilpropanon, yang biasa di gunakan untuk obat adalah daunya.

Cakar ayam rasanya manis dan hangat. Cakar ayam berkhasiat untuk mengatasi batuk, sakit tenggorok, infeksi saluran napas (bronkitis), radang paru (pneumonia), radang akut amandel (tonsilitis akut), hepatitis akut dan kronis, radang kandung empedu (kolesistitis).

Itulah 5 bahan alami yang mudah kita jumpai dan bisa menjadi obat tradisional sesak nafas dan asma.

Semoga bisa menjadi ispirasi untuk Anda yang membacanya.

Rekomendasi: Obat Sesak Nafas Karena Asam Lambung

Admin

Sehat merupakan sebuah nikmat dan harta yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu, bersyukurlah jika kita masih diberikan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button